Jumat, 30 November 2012

RESUME KEWIRAUSAHAAN (Hal 45 – 54)


Mata Pelajaran      :     Kewirausahaan
Kelas / Jurusan      :     XII Akuntansi I
Sekolah                 :     SMK Negeri 3 Pontianak
Nama                   :     Vivian
Web / Blog            :     viviansongg.blogspot.com

A.    Resume

Supaya usaha yang dijalankan oleh seorang wirausaha dapat berjalan lancar dan sukses, semua risiko yang timbul harus dianalisis untuk kemudian disusun suatu strategi yang tepat dalam menjalankan usaha. Analisis yang dibuat berdasarkan data usaha dengan pendekatan statisktik yang relevan.
Tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha :
a.       Memperoleh data yang lebih akurat
b.      Mengetahui suatu kecenderungan (tren) di masa mendatang
c.       Meminimalkan risiko kegagalan dari sebuah keputusan
d.      Mengetahui kondisi dan kinerja usahanya
e.       Mengetahui kecenderungan permintaan pasar

1.      Jenis Data dalam Pengambilan Keputusan
Jenis data yang dibutuhkan :
a.       Data produk yang tidak lolos uji kualitas (defect produk)
b.      Data piutang yang tidak terbayar atau kredit macet
c.       Data mengenai permintaan kebutuhan produk
d.      Tingkat kepuasan pelanggan dan tingkat keluhan pelanggan
e.       Jumlah penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan datang
f.       Catatan dari laporan keuangan
g.      Data tentang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi.
2.      Sumber-sumber Analisis Data
Sumber-sumber yang perlu diketahui dan dimanfaatkan oleh wirausaha :
a.       Sumber data langsung dari lapangan melalui riset dan survei
b.       Sumber data yang berasal dari media massa
c.       Sumber data yang berasal dari pemerintah
d.      Sumber dari internal perusahaan
3.      Analisis Data dengan Menggunakan Pendekatan Statistika
Metode dalam pengambilan keputusan :
a.       Regresi linear sederhana
Persamaan regresi ialah persamaan matematika yang memungkinkan peramalan nilai suatu variabel tak bebas (dependent variabel) dari nilai variabel bebas (independent variabel). Bentuk persamaan umum regresi libear sederhana adalah sebagai berikut.
Y = a + bX
Ket :
Y : variabel tak bebas
X : variabel bebas
a : konstanta
b : kemiringan
Nilai a dihitung dengan menggunakan rumus berikut.






Nilai koefisien kemiringan/slope (b) dihitung dengan rumus berikut.






























Misalnya, bedasarkan hasil evaluasi dalam suatu perusahaan, diketahui bahwa besarnya gaji mampu meningkatkan kinerja karyawan. Dalam hal ini, besarnya gaji yang diterima karyawan adalah variabel tak bebas (X) yang mempengaruhi kinerja karyawan sebagai variabel bebas (Y). dalam regresi linear, variabel tak bebas (X) dapat berbagai macam dan variabel yang dipengaruhinya (variabel bebas) (Y) dapat berupa aspek-aspek lain yang dipengaruhi oleh variabel tak bebas (X), misalnya waktu, tingkat penjualan, efektivitas kinerja karyawan dan sebagaimya.
a.       Koneksi Linear Sederhana
Koneksi linear sederhana adalah analisis yang digunakan untuk mengukur derajat keeratan hubungan antara dua variabel (X dan Y). Bilangan yang mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel disebut dengan koefisien korelasi (r). Koefisien korelasi memiliki nilai antara -1 sampai 1. Nilai r yang positif (+) ditandai oleh nilai b yang positif (+) dan sebaliknya nilai r yang negatif (-) ditandai oleh nilai b yang negatif (-).
·         Jika nilai r mendekati +1 atau r mendekati -1 artinya X danY memiliki korelasi linear yang tinggi.
·         Jika nilai r = +1 atau r = -1 artinya X dan Y memiliki korelasi linear sempurna.
·         Jika nilai r = 0 artinya hubungan hubungan antara X dan Y lemah atau hubungan antara X dan Y bukan hubungan yang linear.
Untuk nilai-nilai r antara 0 dan 1 dengan 0 dan -1 tidak ada patokan pasti yang menentukan batas kekuatan hubungan antara 2 variabel. Namun demikian, dapat digunakan konvensi berikut.
·         Hubungan antara variabel X dan Y disebut kuat dan searah jika 0,75 £ r £ 1.
·         Hubungan antara variabel X dan Y disebut kuat dan berlawanan arah jika -1 £ r £ 0,75.
·         Hubungan antara variabel X dan Y disebut lemah jika -0,75 < r < 0,75.
Jika r dikuadratkan, akan didapatkan suatu nilai yang disebut dengan koefisien determinan (R = r2). Koefisien determinasi menunjukkan seberapa besar pengaruh satu variabel terhadap variabel lainnya.
Koefisien korelasi (r) dirumuskan sebagai berikut.
 
STRATEGI MENJALANKAN USAHA

1.      Faktor Penggerak Perubahan
a.       Perubahan yang didorong oleh faktor ekonomi, misalnya :
1)      Tingkat pendapatan,
2)      Pertumbuhan penduduk,
3)      Perubahan kurs mata uang terhadap mata uang asing,
4)      Krisis ekonomi dan moneter,
5)      Perubahan kebijakan pemerintah.
b.      Perubahan yang didorong oleh faktor pasar, misalnya :
1)      Perubahan pola persaingan,
2)      Perubahan gaya hidup dan perilaku pelanggan, termasuk menemukan produk baru (customer insight),
3)      Perubahan karena pesaing melakukan inovasi dan menemukan produk baru (invention),
4)      Muncul pesaing baru dengan jaringan yang kuat dan terkenal,
5)      Perubahan yang dimotori oleh pesaing yang memasuki bisnis secara serentak
c.       Perubahan yang digerakkan oleh faktor perkembangan teknologi.
d.      Perubahan yang dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.
Perubahan iklim dan cuaca akan sangat berpengaruh pada industri pertanian, perkebunan, industri tranportasi dan sebagainya. Selain itu juga akan mempengaruhi biaya-biaya yang terjadi selama operasional perusahaan berlangsung. Maka dari itu perusahaan harus memiliki strategi khusus agar usahanya tetap berjalan tanpa terpengaruh iklim dan cuaca.

2.      Pengaruh Perubahan  terhadap Strategi Menjalankan Usaha
Seorang wirausaha yang cerdas harus memperhatikan dampak perubahan yang sedang dan mungkin akan terjadi terhadap kelangsungan usahanya. Perubahan memiliki 4 konsekuensi, yaitu :
a.       Perubahan akan menciptakan peluang atau kesempatan (opportunity)
Perubahan dapat menghasilkan peluang bila anda memiliki intuisi, naluri dan hasrat untuk menemukannya. Sebagai contoh, adanya alat transportasi Tranjakarta.
b.      Perubahan akan menciptakan ancaman (threat)
CAFTA (China-ASEAN Free Trade Area) dapat menjadi ancaman bagi industri, UKM atau perusahaan-perusahaan di Indonesia. Ancaman yang timbul misalnya berkaitan dengan harga. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan market innovation and improvement strategy, misalnya dengan mencari pasar yang benar-benar baru.
c.       Perubahan dapat memeperlemah daya saing dan kondisi perusahaan (weak)
Perubahan-perubahan yang dapat melemahkan posisi persaingan perusahaan, antara lain :
1)      Adanya peraturan baru mengenai pengurangan mengenai pengurangan kadar nikotin bagi industri rokok kretek.
2)      Adanya peraturan yang mengharuskan perusahaan memiliki minimal satu kendaraan dan uji emisi untuk perusahaan transportasi yang kondisi kendaraanya sudah tidak terlalu produktif.
3)      Adanya peraturan mengenai pengurangan kadar pengeras tahu.
Perubahan strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan market defense or innovative strategy.
d.      Perubahan dapat memperkuat kondisi, daya saing dan strategi (strenght)
Perubahan ini akan menyebabkan posisi produk dan perusahaan di pasar semakin baik dan populer. Contohnya :
1)      Himbauan pemerintah tentang penggunaan obat generik di setiap puskesmas akan memperkuat daya saing perusahaan farmasi yang bergerak di bidang obat-obatan generik.
2)      Pembatasan area dan jarak tertentu dalam pendirian hypermarket atau strategi penetrasi pasar yang lebih dalam dan lebih luas lagi.

Seorang wirausaha harus senantiasa mengendalikan perusahaannya agar tetap fokus pada visi dan misi usaha meskipun sedang terjadi perubahan pasar, ekonomi, teknologi dan lingkungan yang dapat mengancam daya saing perusahaan. Selain itu, seorang wirausaha juga harus tetap ingat dengan faktor T.I.M.E (Timing, Intuition, Momentum, and Effort) dan harus dapat memanfaatkan perubahan guna menumbuhkan perusahaan.

B.    Soal Essay

1.      Apa tujuan dan manfaat analisis data bagi seorang wirausaha?
2.      Apa yang dimaksud dengan Badan Pusat Statistik?
3.      Apa pengertian dari persamaan regresi?
4.      Disebut apakah analisis yang digunakan untuk mengukur derajat keeratan hubungan antara dua variabel?
5.      Sebutkan contoh perubahan yang didorong oleh faktor ekonomi!
6.      Strategi apakah yang digunakan untuk menghadapi perubahan yang akan menciptakan ancaman bagi wirausaha?
7.      Sebutkan contoh perubahan yang didorong oleh faktor pasar!
8.      Strategi apakah yang digunakan untuk menghadapi perubahan yang dapat memperkuat kondisi, daya saing dan strategi (strenght)?


Pontianak, 1 Desember 2012




Vivian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar